Cara Memasak Babat Agar Cepat Empuk

Apakah anda sering memasak jeroan sapi? Pada umumnya jeroan sapi atau kambing seperti babat, iso, dan limpa harus diolah dengan teknik khusus agar dihasilkan tekstur yang empuk dan tidak alot (keras). Nah sebelum membaca artikel ini, pastikan dulu bahwa anda suka menyantap jeroan ya sobat, karena tidak semua orang menyukainya dan mungkin ada juga yang merasa jijik. Artikel Ciresep kali ini berjudul Cara Memasak Babat Agar Cepat Empuk. Mari silakan simak dan kita ulas bersama.

Cara Memasak Babat Agar Cepat Empuk

Babat adalah salah satu jeroan hewan sapi atau kambing yang cukup sering dijadikan masakan. Ciri khas babat adalah dagingnya yang terasa kenyal ketika di kunyah. Biasanya babat dimasak gulai pada masakan padang. Ada juga babat yang dijadikan bahan opor dan tongseng. Bagi orang yang menyukainya, babat akan terasa sangat enak. Namun anda juga perlu hati-hati karena babat mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Bagi anda yang jarang masak babat mungkin akan menemui kendala yaitu babat yang alot ketika sudah dimasak. Ini tentunya akan mengurangi kelezatan masakan anda ya sobat. Maka dari itu anda perlu memahami trik khusus dalam memasak babat. Berikut adalah Cara Memasak Babat Agar Cepat Empuk yang bisa anda terapkan dirumah.

Cara Memasak Babat Agar Cepat Empuk

1. Bersihkan dulu
Sebelum anda mulai memasak nya, silakan bersihkan dulu pada air mengalir sampai benar-benar bersih. Pada dasarnya babat adalah jeroan sapi untuk mencerna makanan. Jika anda tidak bersih mencucinya, akan terasa bau-bau yang kurang sedap. Oleh sebab itu pastikan babat bersih sebelum diolah.

2. Rebus dengan paduan bumbu.
Selanjutnya silakan rebus babat dengan campuran daun salam, daun jeruk, laos, jahe, serta sereh selama kurang lebih 1 jam. Patut anda perhatikan adalah anda harus memasaknya pada api kecil dengan air yang banyak agar babat tenggelam seutuhnya. Ini sangat mempengaruhi keempukan nya loh sobat.

3. Panci harus ditutup selama perebusan
Saat merebusnya, panci harus selalu dalam keadaan tertutup untuk menjaga uap air tidak keluar. Ini juga sangat penting untuk menjaga keberhasilan perebusan ini.

Nah dengan 3 kiat jitu diatas, dijamin babat yang anda rebus akan matang dan empuk sempurna. Setelah proses diatas, babat dapat anda masak sesuai selera anda apakah ingin dibuat gulai atau tongseng atau masakan lainnya.

Sekian ulasan tips memasak kali ini dari Ciresep tentang Cara Memasak Babat Agar Cepat Empuk. Silakan share artikel ini ke teman-teman anda jika memang bermanfaat. Baca juga resep soto ayam purbalingga yang enak dan khas. Oyaaa, tetap nantikan terus ulasan resep lainnya di blog ini ya sobat. See you…. ???

Incoming Search Terms:

cara masak babat

Cara Memasak Babat Agar Cepat Empuk | Maya Sofia | 4.5