Aneka Resep Kue Tradisional Jawa Timur

Aneka Resep Kue Tradisional Jawa Timur – Jawa Timur adalah provinsi dengan populasi penduduk terbesar kedua di Indonesia setelah Jawa Barat. Selain banyak penduduknya, provinsi ini banyak juga memiliki panganan, cemilan, jajanan, dan kue tradisional yang enak untuk dimakan. Kue tradisional jawa timur banyak dijual di toko oleh-oleh yang bisa anda beli ketika anda bepergian kesana. Apalagi di kota besar seperti Surabaya, Malang, dan Kediri pasti banyak sekali jajanan khas yang patut anda coba.

Aneka Resep Kue Tradisional Jawa Timur

Beberapa diantaranya berupa kue dan cemilan yang mungkin sudah tidak asing dan sering anda makan. Memang rasa kue tradisional jawa timur sangat khas mulai dari manis hingga gurih. Nah Ciresep akan mengulas beberapa untuk anda. Simak dibawah ini ya sobat.

Aneka Resep Kue Cemilan Jajanan Tradisional Jawa Timur

1. Kripik tempe

Kripik tempe adalah cemilan kering khas kota Ngawi jawa timur. Cemilan yang satu ini terbuat dari bahan utama tempe yang digoreng dengan campuran bumbu rempah, bawang, dan garam yang membuat rasanya gurih dan berbeda dengan keripik tempe di daerah lain. Anda bisa menemukan keripik tempe jawa timur ini di kota ngawi, magetan, madiun, dan sekitarnya. Selain nikmat sebagai cemilan, kripik tempe jawa timur juga dapat Anda jadikan pelengkap makan nasi.

2. Kue Geti

Kue Geti ini termasuk cemilan kue khas tradisional Tulungagung, dekat dengan Kediri. Kue geti terbuat dari bahan wijen namun banyak pula inovasi kue geti dari kacang tanah. Bahan tersebut kemudian di padukan dengan gula merah, kemudian dibekukan dan dicetak bulat atau kotak. Biasanya dijual bungkusan untuk oleh-oleh khas Jatim. Anda bisa menemuinya di toko oleh-oleh atau warung biasa disana.

3. Wingko babat

Wingko babat adalah kue khas Lamongan yang dibuat dari tepung ketan ya bund. Tepung ketan dipadukan dengan bahan air kepala, parutan kepala muda, gula pasir, garam, serta margarin. Nah mungkin anda sudah tidak asing dengan kue yang satu ini, sangat umum dijual di toko oleh-oleh. Rasanya manis gurih dan tentunya bikin ketagihan.

4. Ledre Jatim

Mungkin yang satu ini agak asing bagi anda ya? Ledre adalah jajanan khas Jatim yang berasal dari Kabupaten Bojonegoro. Ledre terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa muda parut, gula, garam, air, dan vanili. Selain enak ledre ini juga mengenyangkan dan sangat enak untuk disantap bersama keluarga.

5. Ote-ote Porong

Ote-ote adalah cemilan gorengan jatim yang berasal dari Porong dan Kediri. Bentuknya seperti bakwan dan dikombinasi dengan udang segar. Sangat cocok untuk sarapan pagi atau acara hajatan dan pengajian dirumah anda. Berikut adalah resep ote-ote enak.

Baca juga:

Itu dia beberapa resep kue tradisional jawa timur yang dapat kami ulas. Sebenarnya masih sangat banyak yang lainnya namun akan kami bahas dilain waktu. Sekian dulu ya ulasan Ciresep kali ini, tetap terus nantikan ulasan resep terbaru lainnya di blog ini. Salam…

Incoming Search Terms:

jajan tradisional jawa timur, jajanan tradisional jawa timur, kue tradisional khas jawa timur, resep sajian cocok untuk pengajian

Aneka Resep Kue Tradisional Jawa Timur | Maya Sofia | 4.5