Resep Dendeng Batokok Asli Padang

Halo sobat kuliner nusantara, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan tentang Resep Dendeng Batokok Asli Padang. Pasti anda semua sudah tahu apa itu dendeng. Ya, dendeng merupakan jenis masakan asli indonesia yang terbuat dari daging. Di masing-masing daerah bahan dasar yang digunakan untuk membuat dendeng berbeda-beda. Ada yang menggunakan daging sapi, daging kambing, ada juga daging ayam. Bahkan sekarang dendeng juga berkembang tidak hanya menggunakan daging, tetapi menggunakan bahan lain seperti jantung pisang, ampas tahu, dan belut.

Namun pada dasarnya dendeng yang umum di masak oleh orang indonesia tetaplah dendeng daging. Bentuk dari dendeng daging ini tipis, pipih, dan digoreng kering. Di beberapa daerah tertentu dendeng hanya digoreng kering saja tanpa tambahan bumbu pedas, kemudian di kemas dalam plastik dan dijual di toko oleh-oleh. Namun di daerah lain dendeng justru diberi tambahan cabai merah atau cabai hijau untuk menambahkan rasa pedas.

Resep Dendeng Batokok Asli Padang

Nah salah satu daerah yang terkenal dengan dendeng cabai nya adalah Padang dan Bukit Tinggi Sumatera Barat. Rasanya semua orang indonesia pasti sudah tahu bahwa masakan padang memang enak dan kaya akan rempah, serta rasanya yang pedas dilidah. Begitupun dendeng khas padang yang juga pedas dengan balutan cabai merah/hijau. Dendeng balado khas padang ini dinamai Dendeng Batokok. Dalam bahasa Minang, “batokok” berarti “dipukul”. Jadi jika kita artikan dendeng batokok adalah dendeng yang saat dimasak dipukul-pukul.

Nah pasti anda penasaran kan kok bisa dinamai seperti itu? Nah jadi biar saya jelaskan nih sobat, karena kebetulan saya juga orang minang, jadi pasti tau dan sering bikin dendeng batokok ini hehe. Pada saat proses pembuatan dendeng batokok ini, setelah daging direbus lalu di iris tipis kemudian dipukul menggunakan “batu lado”. Dalam bahasa Indonesia “batu lado” berarti batu yang digunakan untuk menguleg cabai. Dalam bahasa Jawa mungkin biasa kita sebut “muthu” atau “munthu”. Masih bingung? Itu lho pasangannya cobek… hehehe.

Jadi mengapa orang minang memasak dendeng harus pakai dipukul-pukul? Hal ini agar daging menjadi tipis, kemudian lebih rata dan ketika digoreng nanti lebih renyah. Nah disinilah kunci perbedaan dendeng khas padang dengan dendeng daerah lain, karena di daerah lain biasanya dendeng justru tekstur dagingnya masih basah.

Ada satu hal lagi yang unik nih dari dendeng batokok khas padang ini sobat. Jadi orang padang biasanya membuat dendeng batokok ini dari daging bekas rendang loh! Bayangkan jika anda masak rendang cukup banyak, lalu dalam seminggu belum juga habis, kemudian sisa daging rendang tersebut diolah ulang menjadi dendeng yang begitu sedap rasanya. Eittsss.. jangan-jangan anda justru heran dan menjadi bertanya-tanya apakah daging tersebut belum basi? Hehe. Tentu saja tidak!! Karena orang padang memasak rendang hingga kering dan daging bisa awet bahkan hingga sebulan jika dipanaskan secara rutin.

Nah salah satu rahasia kenikmatan dendeng batokok ya justru dari situ sobat, dari sisa daging rendang itu. Walaupun sudah dicuci dengan air bersih, namun daging bekas rendang masih menyimpan rasa rendang yang nikmat. Kemudian anda goreng dan ditambah cabai, ya justru makin yahud kan rasanya… hehe.

Namun kali ini blog Ciresep bukan mau membahas cara membuat dendeng batokok dari rendang ya sobat. Kami akan membahas Resep Dendeng Batokok Asli Padang dari daging segar. Penasaran seperti apa resepnya? Mari langsung saja simak dibawah ini.

Resep Dendeng Batokok Asli Padang

Bahan dendeng batokok:
sediakan minyak goreng
sediakan 1/2 kg daging sapi segar

Bumbu halus:
sediakan air perasan jeruk nipis 1 sendok makan
sediakan bawang merah 5 butir
sediakan garam 1 sendok teh
sediakan penyedap rasa secukupnya
sediakan daun jeruk 2 helai
sediakan cabe merah besar 7 buah

Cara memasak dendeng batokok:
1. Pertama silakan rebus daging sapi hingga empuk, kemudian iris tipis.
2. “Tokok” atau pukul daging dengan menggunakan batu lado atau batu cobek hingga tipis dan daging agak merekah.
3. Selanjutnya goreng daging tersebut pada minyak panas hingga kering.
4. Selanjutnya tumbuk bumbu halusan, bisa dengan tumbukan atau batu gilingan cabe. Perlu diperhatikan adalah jangan giling sampai terlalu halus, giling kasar saja agar lebih enak.
5. Selanjutnya tumis bumbu halus di wajan dengan sedikit minyak.
6. Terakhir masukkan daging dendeng yang sudah digoreng ke wajan, aduk aduk dan lanjut tumis hingga bumbu dan cabai meresap ke daging nya.

Baca juga:

Sampai disini dendeng batokok sudah siap dihidangkan untuk menu makan siang atau malam keluarga anda. Oya, anda bebas mau menggunakan cabai merah atau hijau sesuai selera anda. Yang jelas masing-masing cabai akan menghasilkan cita rasa yang berbeda pula. Kalau saya sendiri sih lebih suka pakai cabai merah saja. Anda juga bisa menambahkan kentang goreng saat menumis daging dendeng dengan cabainya.

Sekian ulasan Ciresep kali ini mengenai Resep Dendeng Batokok Asli Padang yang kami dapat dari NCC dan pengalaman pribadi. Baca juga resep nasi bakar bandung dan resep kepiting saus tiram. Semoga artikel panjang kali ini bermanfaat ya untuk sobat dirumah. Silakan juga coba resep nya sendiri dirumah. Sekian dan sampai jumpa di resep berikutnya.

Incoming Search Terms:

resep dendeng batokok

Resep Dendeng Batokok Asli Padang | Maya Sofia | 4.5